Kegiatan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran UPR Tahun 2015

Rangkuman Kegiatan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahun 2015 :

PKKMB (14 – 26 Agustus 2015)

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru untuk mengenalkan mereka pada realita kehidupan kampus, khususnya kehidupan mahasiswa di Fakultas Kedokteran. Kegiatan ini terdiri atas:

  • Pra-PKKMB
  • PKKMB Universitas
  • PKKMB Fakultas
  • Upacara Bendera Hari Kemerdekaan

Kerja Bakti (Jum’at, 28 Agustus 2015)

Kerja bakti yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Dr. dr. Triawanti, M.Kes diikuti oleh mahasiswa dari tiga angkatan yang masih aktif kuliah, yaitu angkatan 2013, 2014, dan 2015.

Kampanye Anti Kebakaran Hutan dan Lahan (Minggu, 30 Agustus 2015)

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya  bersama dengan berbagai elemen masyarakat melaksanakan kampanye saat bencana asap melanda Kota Palangka Raya dan sekitarnya, bertempat di Bundaran Besar (Alun-alun pusat Kota Palangka Raya).

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa FK UPR bersama Senat Mahasiswa (SEMA FK UPR) menyuarakan bahwa bencana asap yang terjadi saat itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, mahasiswa FK UPR juga membagikan lebih dari 3.000 masker bagi warga yang sedang melintasi wilayah tersebut dan mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker saat keluar rumah. Mahasiswa FK UPR juga membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang sedang berada di kawasan Bundaran besar.

Kegiatan Pemeriksaan Tekanan Darah Gratis (Minggu, 6 September 2015)

Hari Minggu (6 September 2015) merupakan titik awal rutinitas mahasiswa Fakultas Kedokteran UPR dalam mengadakan posko pemeriksaan tekanan darah gratis di Bundaran Besar Kota Palangka Raya. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa FK UPR secara berurutan. Dengan sesederhana mungkin, SEMA FK UPR merancang dan mengadakan kegiatan ini hingga dapat berjalan lancar dan mendapat respon yang sangat baik dari warga Kota Palangka Raya. Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat Kota Palangka Raya yang sedang mengamalkan Car Free Day dan yang sedang berwisata kuliner di kawasan Bundaran Besar.

Sejak saat itu, mahasiswa FK UPR rutin mengadakan kegiatan serupa setiap hari minggu di Bundaran Besar. Hal inilah yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Tim Bantuan Medis (TBM) FK UPR. Selanjutnya, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari minggu dengan relawan mahasiswa FK UPR secara terjadwal.

Aksi Peduli Asap (Minggu, 18 Oktober 2015)

Kegiatan ini berlangsung di Bundaran Besar Kota Palangka Raya dengan agenda berupa pembagian 1000 masker dan pamflet berisi informasi mengenai ISPA. Kegiatan ini mendapatkan bantuan dari berbagai BEM Universitas di Jawa seperti dari Universitas Indonesia, Institus Teknik Bandung, dan BEM-BEM lainnya. Adapun bantuan tersebut disalurkan melalui BEM Universitas Palangka Raya.

Mahasiswa FK UPR diamanahkan untuk membagikan bantuan masker bagi korban bencana asap di Palangka Raya. Kami menyalurkan bantuan tersebut bersamaan dengan kegiatan rutin TBM FK UPR yang dilaksanakan di Bundaran Besar setiap hari minggu. Disana, selain melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, seperti biasanya kami juga membagikan kurang lebih 1000 masker, vitamin, dan pamflet yang berisi penjelasan tentang Infeksi Saluran  Pernapasan Akut (ISPA) kepada warga yang sedang berada di Bundaran besar. Diharapkan kesadaran warga meningkat akan pentingnya penggunaan masker ketika beraktivitas di luar, mengingat sangat bahaya polusi tersebut.

Aksi Peduli Asap (Minggu, 18 Oktober 2015)

Bertambah pekatnya kabut asap di Palangka Raya menarik banyak simpati masyarakat, salah satunya kolaborasi antara PKPU, PROSMILING, Lembaga Kemanusiaan Nasional, dan LDKJS UPR dalam mengadakan Layanan Kesehatan Respon Kabut Asap. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kereng Bangkirai. Enam orang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang juga anggota SEMA FK UPR didampingi dr. Supak Silawani menjadi tim medis dalam kegiatan ini. Walau banyak keterbatasan, namun karena kerjasama yang baik, acara ini boleh selesai dengan baik.

Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis (Minggu, 25 Oktober 2015)

Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam menanggulangi bencana kabut asap yang melanda Bumi Tambun Bungai, Mahasiswa FK UPR bersama dr. Francisca Diana Alexandra, M.Sc dan dr. Elsa Marliska menjadi tim medis yang ditugaskan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini tidak hanya semata-mata berisi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilayani oleh 4 orang dokter, tapi juga ada sosialisasi perlindungan diri dari polusi udara dengan meminimalkan risiko terhirupnya polutan dengan menggunakan masker, serta pembagian masker, suplemen makanan, multivitamin, dan sembako gratis bagi warga.

Kegiatan ini diadakan di Kantor Kelurahan Kereng Bangkirai dan mendapat bantuan dari Puskesmas Kereng Bangkirai. Tidak hanya diikuti oleh Ketua Senat Mahasiswa dan pengurus SEMA FK UPR, tapi kegiatan ini juga diikuti oleh seorang mahasiswa baru yang belum menjadi pengurus senat. Seperti telah diperkirakan sebelumnya, jumlah masyarakat yang tertarik dengan pelayanan kesehatan ini melampaui 200 orang, baik dewasa dan anak-anak.

Petugas Kesehatan di Rumah Singgah Oksigen (26 – 27 Oktober 2015)

SEMA FK UPR mendapatkan permintaan dari BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah untuk menjadi petugas di Rumah Singgah Oksigen. Mengingat semakin pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan yang telah berlangsung kurang lebih 3 bulan. Banyak warga yang merasakan keluhan sesak napas, termasuk pasien pertama kami, yaitu seorang ibu hamil 8 bulan. Saat itu, beliau bersama suaminya baru saja pulang bekerja, ternyata pasien tersebut merasakan pusing disertai sesak napas, saat itu keduanya menemukan rumah singgah yang sedang kami layani. Beliau merasa sangat terbantu dengan keberadaan rumah oksigen ini. Hal itu merupakan salah satu contoh betapa tersiksanya warga karena kabut asap ini. Rumah Singgah Oksigen yang dilayani oleh SEMA FK UPR ini mendapat banyak apresiasi dari masyarakat. Di hari kedua, pasien semakin banyak berdatangan dan tabung oksigen yang awalnya hanya satu ditambah menjadi 4 tabung mengingat anemo masyarakat akan Rumah Singgah Oksigen ini. Kami hanya berjaga di Rumah Singgah Oksigen selama dua hari, karena di hari selanjutnya hujan turun dan perlahan menghilangkan kabut asap yang sangat pekat.

Sosialisasi Pentingnya Mencuci Tangan di SDN Percobaan (Jum’at, 13 November 2015)

Salah satu divisi yang ada di SEMA FK UPR,yaitu divisi Pengembangan Masyarakat (Community Empowerment) yang bergerak dalam bidang pengabdian kepada masyarakat telah sukses melaksanan salah satu program kerjanya.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Percobaan Palangka Raya berkenaan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November. Adapun kegiatan yang terdapat dalam sosialisasi ini, yaitu sosialisasi tentang pentingnya mencuci tangan. Disana kami menyampaikan materi tentang mencuci tangan dengan semenarik mungkin dan mudah dipahami oleh anak sekolah dasar, mislanya mengajarkannya dalam bentuk games dan bernyanyi.

Pemeriksaan Gula Darah “Hari Kesehatan Nasional” (Minggu, 15 November 2015)

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasiona pada tanggal 12 November 2016, SEMA FK UPR melaksanakan pemeriksaan Gula Darah Gratis bersama pihak sponsor. Tidak hanya dilayani pemeriksaan gula darah, di dalamnya juga disediakan pemeriksaan tekana darah dan konsultasi kesehatan.

Upacara Bendera Hari Kesehatan Nasional

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya bersama dosen-dosen pengajar yang juga berprofesi sebagai dokter mengikuti upacara bendera di halaman Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Program Desa Binaan  (Sabtu, 21 November 2015)

Program Desa Binaan merupakan salah satu program kerja Divisi Pengembangan Masyarakat SEMA FK UPR yang bertujuan membantu meningkatkan taraf kesehatan warga di suatu daerah yang telah ditentukan. Daerah yang dipilih untuk dibina adalah pemukiman warga di Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sebagau, yaitu warga di sekitar Pelabuhan Sebangau. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini dibagi menjadi 13 kelompok yang masing-masing akan membina 1 buah keluarga.

Rencananya, kegiatan ini akan diadakan setiap bulan. Pada pertemuan pertama ini, mahasiswa diharuskan menggali sedalam-dalamnya mengenai riwayat penyakit apa yang terdapat dalam keluarga tersebut, faktor risiko pencetus suatu penyakit, lingkungan tempat tinggal, dan hal-hal lain sebagai data awal untuk merancang rencana pemeriksaan di pertemuan selanjutnya.

Musyawarah Wilayah III Tahun 2015 (11-13 Desember 2015)

Sebagai tuan rumah dan penanggung jawab pelaksanaan Musyawarah Wilayah III Tahun 2015, mahasiswa Fakultas Kedokteran UPR harus mempersiapkan keperluan kegiatan tersebut sejak dua tahun belakangan. Kegiatan yang berlangsung dalam tiga hari tersebut dihadiri oleh 13 Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam ISMKI Wilayah III.

Kegiatan tersebut beragendakan:

  • Rapat Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Harian ISMKI Wilayah III Periode 2014/2015
  • Rapat Penetapan AD/ART
  • Rapat Komisi A bagi seluruh Presiden BEM FK se-wilayah III dan Rapat Komisi B bagi pengurus BEM/SEMA/HIMA se-wilayah III.

Medical Expo, yaitu exhibition yang memperbolehkan setiap fakultas untuk menunjukkan keterampilan medis yang dimilikinya untuk diajarkan kepada siswa-siwi SMA se-Kota Palangka Raya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.