Ujian OSCE Nasional FK-UPR Periode Agustus 2016

Sabtu, 27 Agustus 2016 di Lab. Skill Fakultas Kedokteran UPR melaksanakan Ujian OSCE Nasional Kedua. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) adalah suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE Nasional sebagai salah satu syarat menjadi dokter setelah dinyatakan lulus pada ujian OSCE. Selain itu, berbagai keterampilan klinis kompetensi dokter dapat diujikan dalam waktu yang relatif singkat dan setting kompetensi standar dapat ditetapkan secara objektif.

Hal yang istimewa dari OSCE Nasional adalah besarnya upaya untuk mensimulasikan situasi praktik atau medik yang kelak akan dihadapi oleh seorang dokter. Situasi yang dihadapi di ruang praktek atau lokasi kecelakaan tentu membutuhkan seperangkat skill dan ilmu yang bersifat integratif dan aplikatif.

Sebagai contoh pada situasi kegawatan tentu skill anamnesa yang digunakan berbeda dengan titik tekan anamnesa di poliklinik. Demikian pula nuansa kegawatan tentu membutuhkan kecepatan dan ketepatan tindakan yang bertujuan jelas. Ujian OSCE menguji kemampuan melakukan pembidaian, interpretasi foto rontgen, tanda dan gejala klinis serta data lain hingga mendapatkan diagnosis dan dapat dilakukan terapi baik pembuatan resep ataupun tindakan medik.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.