1. Pengertian
Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya pada tahun 2015 merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2012, Meliputi :
.Area 1. Profesionalitas yang Luhur
Mampu melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya.
Area 2. Mawas Diri dan Pengembangan Diri
Mampu melakukan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien.
Area 3. Komunikasi Efektif
Mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.
Area 4. Pengelolaan Informasi
Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktik kedokteran.
Area 5. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
Mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.
Area 6. Keterampilan Klinis
Mampu melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.
Area 7. Pengelolaan Masalah Kesehatan
Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer
2. Struktur Makro Kurikulum
Untuk pencapaian kompetensi tersebut terdapat 4 tahap pembelajaran (Miller) yaitu tahap know, knows how, show dan does. Keempat tahapan pembelajaran ini akan dicapai dalam 3 tahapan pendidikan yaitu :
Fase 1 : Pendidikan Umum dan Kedokteran Dasar, pada semester 1 dan 2
Tujuan:mencapai keterampilan dan sikap dasar, yaitu keterampilan pembelajaran yang bersifat umum/generik, sikap peduli terhadap lingkungan/ masyarakat, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar tentang ilmu biomedik
Fase 2 : Mekanisme Penyakit dan Keterampilan Klinis, semester 3 – 7.
Tujuan: mencapai pengetahuan dan keterampilan-keterampilan klinis serta mampu menjelaskan dan menanggulangi masalah pasien dan masyarakat secara ilmiah, termasuk keterampilan penelitian.
Fase 3 : Praktik Kedokteran dan Pengembangan Profesi, semester 8 – 10.
Tujuan: mencapai kemampuan profesi klinik dan kedokteran komunitas.
Tabel 1. Kurikulum Program Sarjana ProgramStudi Pendidikan Dokter Universitas Palangka Raya
NO | MATA KULIAH | SANDI | SKS | SMT |
I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) = 9 SKS | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam *) | MPK 201031 | 3 | II |
Pendidikan Agama Kristen Protestan *) | MPK 201032 | |||
Pendidikan Agama Katolik *) | MPK 201033 | |||
Pendidikan Agama Hindu *) | MPK 201034 | |||
Pendidikan Agama Budha *) | MPK 201035 | |||
2 | Modul Humaniora, bioetika dan keterampilan belajar | MPK 10206 | 6 | I |
II. MATA KULIAH KEILMUAN KETERAMPILAN DASAR (MKKD)= 33 SKS |
||||
3 | Modul Dasar Biomedik dan Hemopoetik Limforetikuler | MKKD 10305 | 5 | I |
4 | Modul Fungsi Normal Neuromuskuloskeletal dan Organ Sensoris | MKKD 10406 | 6 | I |
5 | Modul Fungsi Normal Digesti dan Metabolik Endokrin | MKKD 20506 | 6 | II |
6 | Modul Fungsi Normal Reproduksi dan Urinarius | MKKD 20606 | 6 | II |
7 | Modul Fungsi Normal Kardiorespirasi | MKKD 20705 | 5 | II |
8 | Modul Keterampilan Medis Dasar 1 | MKKD 10802 | 2 | I |
9 | Modul Keterampilan Medis Dasar 2 | MKKD 20903 | 3 | II |
III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) = 89 SKS |
||||
10 | Modul Patomekanisme Penyakit dan Gangguan Metabolik Endokrin | MKB 301006 | 6 | III |
11 | Modul Gangguan Sistem Respirasi | MKB 301106 | 6 | III |
12 | Modul Gangguan Sistem Kardiovaskular | MKB 301206 | 6 | III |
13 | Modul Gangguan Sistem Digestif | MKB 401306 | 6 | IV |
14 | Modul Gangguan Sistem Neuropsikiatri | MKB 401406 | 6 | IV |
15 | Modul Gangguan Sistem Sensoris dan Integumen | MKB 401506 | 6 | IV |
16 | modul Gangguan Sistem Muskuloskeletal | MKB 501606 | 6 | V |
17 | Modul Gangguan Sistem Hemopoetik dan Limforetikuler | MKB 501705 | 5 | V |
18 | Modul Gangguan Sistem Urogenital | MKB 501805 | 5 | V |
19 | Modul Gangguan Sistem Reproduksi | MKB 601906 | 6 | VI |
20 | Modul Gangguan Kesehatan Bayi dan Anak | MKB 602006 | 6 | VI |
21 | Modul Kedokteran Keluarga dan Komunitas | MKB 602106 | 6 | VI |
22 | Modul Kegawatdaruratan | MKB 702206 | 6 | VII |
23 | Modul Keterampilan Klinik Dasar 1 | MKB 302303 | 3 | III |
24 | Modul Keterampilan Klinik Dasar 2 | MKB 402403 | 3 | IV |
25 | Modul Keterampilan Klinik Dasar 3 | MKB 502503 | 3 | V |
26 | Modul Keterampilan Klinik Dasar 4 | MKB 602603 | 3 | VI |
27 | Modul Keterampilan Klinik Dasar 5 | MKB 702701 | 1 | VII |
IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) = 9 SKS |
||||
28 | Modul Metodologi Riset | MPB 502803 | 3 | V |
29 | Modul Elektif | MPB 702906 | 6 | VII |
V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) = 6 SKS |
||||
30 | Modul Riset | MBB 703006 | 6 | VII |
TOTAL sks Sarjana Kedokteran (S.Ked) |
146 |