WORKSHOP REGIONAL ITEM REVIEW for CBT AIPKI WILAYAH IV

Pada tanggal 1-3 Desember 2016 Di Ruang pertemuan Hotel Aquarius Boutque Hotel Palangka Raya Fakultas Kedokteran UPR menyelenggarakan Workshop Regional Item Review for CBT Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah IV Peserta yang mengikuti yang berjumlah 15 institusi. Setiap institusi mengirim 2 orang peserta yang pernah mengikuti kegiatan workshop UKMPPD item review sebelumnya.

Dalam Sambutanya oleh Dekan FK UPR Dr. dr. Triawanti M.Kes mengucapkan terimakasih atas kedatangan rekan kerja AIPKI wilayah IV dan juga memberikan masukan serta arahan acara workshop.

Dalam meningkatkan kualitas sistem ujian pada Pendidikan Dokter Indonesia mensyaratkan adanya suatu proses penyusunan soal ujian yang berkualitas, komprehensif dan sesuai dengan tingkat kompetensi yang diharapkan dan telah tertuang dalam Standart Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Kegiatan ini harus melibatkan seluruh dosen/klinisi dari berbagai Institusi Pendidikan Kedokteran sebagai upaya peningkatan kemampuan dalam penyusunan soal, sehingga peningkatan kualitas ujian di tingkat nasional dapat diiringi oleh peningkatan kualitas sistem ujian di masing-masing Institusi Pendidikan Kedokteran yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik dan meningkatkan pencapaian ujian tersebut.

Workshop Item Review CBT membahas 5 agenda besar yaitu

1) Perkembangan soal UKDI dan Blue print soal UKDI,

2) Membahas prinsip-prinsip pembuatan dan review soal CBT yang baik,

3) Penggunaan SIPENA sebagai sofwere UKMPPD,

4) Review soal CBT perdisiplin ilmu dan

5) Review pembuatan soal CBT per disiplin ilmu.

Seperti kita ketahui Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian akhir mahasiswa sebelum menyandang gelar dr. (dokter) sehingga dalam proses pembuatan dan penyusunan soal ujian harus memenuhi standar yang telah ditetapkan dan juga harus jelas sehingga tidak memiliki arti ganda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.