Mahasiswa FK UPR Presentasikan Poster di Seminar Nasional Lingkungan Hidup Tahun 2017

Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) se-Indonesia bekerjasama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPLH-LPPM) Universitas Palangka Raya mengadakan Interkonferensi dan Seminar Nasional Lingkungan tahun 2017. Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Agustus 2017 bertempat di Luwansa Hotel, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kegiatan ini memiliki tema: “Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan untuk Mendukung Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim” dengan mengusung 4 Topik Seminar yaitu Pengelolaan gambut berkelanjutan meliputi pemanfaatan, restorasi dan konservasi ekosistem; Konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya; Pengembangan teknologi pengendalian pencemaran, kebijakan, dan sanitasi lingkungan; dan Penguatan kearifan lokal menuju ekonomi kerakyatan berbasis perlindungan lingkungan.

Salah satu mahasiswa FK UPR yaitu Desta Fransisca mengangkat topik potensi tumbuhan lokal asal Kalimantan Tengah sebagai antibakteri melalui presentasi poster dengan judul “Uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun sungkai (Peronema canescens. Jack) terhadap pertumbuhan Escherichia coli dengan metode difusi cakram Kirby-Bauer”. Dalam presentasi posternya, Desta Fransisca menyatakan bahwa ekstrak etanol daun sungkai memiliki potensi sebagai antibakteri terhadap bakteri E. coli. Dia pun menyatakan bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut untuk efektivitas tumbuhan tersebut.

“Gagasan ini bisa menjadi inspirasi bagi penelitian selanjutnya. Disamping itu dengan publikasi di ajang nasional seperti ini dapat menumbuhkan jiwa – jiwa peneliti sejak mahasiswa” ujar dr. Donna Novina Kahanjak, M.Biomed selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FK UPR.

Senada dengan dr. Donna, drg.Agnes Frethernety, M.Biomed selaku pembimbing penelitian mahasiswa mengungkapkan bahwa mengikuti acara tingkat nasional yang digelar sebagai ajang publikasi untuk menyampaikan pesan mengenai kearifan lokal yang dimiliki Kalimantan Tengah.

Acara tersebut dihadiri Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hasil dari acara ini akan didiseminasikan dalam bentuk buku, proceeding, dan akan dipublikasikan di jurnal ilmiah berindeks ISSN.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.